Ternyata Prestasi Pembalap Indonesia di WSBK Lebih Menjanjikan daripada di Motogp

Sudah tahukah pemirsa sekalian kalau pembalap dari Indonesia ternyata sudah banyak terjun di kancah balap internasional bukan hanya di rangkaian kejuaaraan motogp saja namun juga di world superbike. Walau dianggap sebelah mata nyatanya peforma pembalap Indonesia di rangkaian kejuaraan World Superbike (ada juga kelas WSSP600 dan WSSP300) lebih menjanjikan daripada di Motogp (ada juga kelas Moto2 dan Moto3). Hal ini nampak dari hasil dan jumlah poin yang diperoleh di kelas pertengahan dan kelas kecil karena belum ada pembalap indonesia yang menembus Motogp maupun World Superbike.

Buktinya dapat disimak pada statistik tahun 2005-2023 berikut:


Ket:

Posisi | Kondisi | Sirkuit-Negara | Nama Pembalap | Tahun


Moto2 vs WSSP600 (Kelas Pertengahan)

1. Lima Posisi Finis Terbaik (Moto2 vs WSSP600)

    Moto2 / GP250cc

    15 | Wet | Shanghai - CHN | Doni Tata P | 2008

    15 | Dry | Phillip Island - AUS |  Doni Tata P | 2013

    16 | Dry | Jerez - SPA | Doni Tata P | 2008

    16 | Dry | Misano - RSM | Doni Tata P | 2008

    17 | Dry | Losail - Qat | Doni Tata P | 2008

Jika mengabaikan hasil pada GP 250 cc 2008 karena jumlah pembalap sedikit maka didapatkan hasil:

    15 | Dry | Phillip Island - AUS |  Doni Tata P | 2013

    18 | Dry | Le Mans - PRC | Doni Tata P | 2013

    18 | Dry | Sepang - MAL | Dimas Ekky P | 2019

    18 | Dry | Valencia - SPA | Andi Farid I | 2020

    19 | Dry | Catalunya - SPA | Andi Farid I | 2020

    World Super Sport 600

    10 | Dry | Aragon2 - SPA | Galang Hendra P | 2021

    11 | Dry | Miller MP - USA | Doni Tata P | 2009

    11 | Dry | Navarra1 - SPA | Galang Hendra P | 2021

    13 | Dry | Misano1 - RSM | Galang Hendra P | 2021

    13 | Dry | Catalunya - SPA | Galang Hendra P | 2021

    Rata-Rata Posisi Finis
    Moto2 : 22,9
    WSSP600 : 15,7


2. Tiga Posisi Start Terbaik (Moto2 vs WSSP600)

    Moto2 / GP250

    05 | Wet | Motegi - JEP | Rafid Topan S | 2013

    12 | Wet | Valencia - SPA | Andi Farid I | 2020

    18 | Wet | Indianapolis - USA | Doni Tata P | 2008

    WSSP600

    06 | Dry | Magny Cours - PRA | Galang Hendra P | 2020

    14 | Dry | Kyalami - RSA | Doni Tata P | 2009

    16 | Dry | Navarra - SPA | Galang Hendra P | 2021


3. Poin & Klasmen (Moto2 vs WSSP600)

    Moto2 / GP250
    Posisi Klasmen Terbaik: 28 (Doni Tata P 2008 & 2013)
    Poin Terbanyak Semusim: 1 
(Doni Tata P 2008 & 2013)
    Prosentase Pembalap Reguler mencetak Poin di satu musim: 2/4 (50%)

    WSSP600
    Posisi Klasmen Terbaik: 21 (Galang Hendra 2021)
    Poin Terbanyak Semusim: 27 
(Galang Hendra 2021)
    Prosentase Pembalap Reguler mencetak Poin di satu musim: 3/3 (100%)




Moto3 vs WSSP300 (Kelas Kecil) 

1. Lima Posisi Finis Terbaik (Moto3 vs WSSP300)

    Moto3

    12 | Dry | Austin - USA | Mario S Aji | 2023

    13 | Dry | Mugello - ITA | Mario S Aji | 2022

    14 | Dry | Mandalika - INA | Mario Suryo Aji | 2022

    15 | Wet | Le Mans - PRC | Andi Farid I | 2021

    15 | Dry | Sachsenring - JER | Andi Farid I | 2021

    WSSP300

    01 | Dry | Jerez - SPA | Galang Hendra P | 2017

    01 | Wet | Most - CEK | Galang Hendra P | 2018

    01 | Wet | Most - CEK | Aldi Satya M | 2023

    04 | Dry | Jerez - SPA | Galang Hendra P | 2019

    04 | Dry | Misano - RSM | Galang Hendra P | 2019

    Rata-Rata Posisi Finis
    Moto3 : 20,4
    WSSP300 : 12,1


2. Tiga Posisi Start Terbaik (Moto3 vs WSSP300)

    Moto3

    02 | Wet | Portimao - POR | Mario Suryo Aji | 2022

    03 | Wet | Mandalika - INA | Mario Suryo Aji | 2022

    15 | Dry | Mandalika - INA | Fadillah Arbi Aditama | 2023

    WSSP300

    01 | Wet | Brno - CEK | Galang Hendra P | 2018

    01 | Dry | Misano - RSM | Galang Hendra P | 2018

    01 | Wet | Assen - BLD | Galang Hendra P | 2019


3. Poin & Klasmen (Moto3 vs WSSP300)

    Moto3
    Posisi Klasmen Terbaik: 26 (Mario Aji 2022)
    Poin Terbanyak Semusim: 5 
(Mario Aji 2022)
    Prosentase Pembalap Reguler mencetak Poin di satu musim: 2/2 (100%)

    WSSP300
    Posisi Klasmen Terbaik: 7 (Galang Hendra 2019)
    Poin Terbanyak Semusim: 64 
(Galang Hendra 2019)
    
Prosentase Pembalap Reguler mencetak Poin di satu musim: 3/3 (100%)


Terbukti bahwa Pembalap Indonesia memiliki prospek prestasi yang lebih baik di ajang World Superbike (WSBK) dan kelas di bawahnya. Maka hendaknya para penggaet balap Indonesia jangan hanya terlalu fokus memikirkan gengsi ke motogp saja tetapi juga melihat WSBK sebagai alternatif yang menjanjikan.

Bagaimana menurutmu?



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Insiden Besar Tikungan Pertama Sirkuit Catalunya

Drama Clash Tikungan Terakhir Sirkuit Assen Clash Bersejarah

Maksud Aturan 105% dari Pembalap Tercepat yang Bakal Menghalangi Kamu Meraih Poin di Balapan Motogp Meski Jumlah Pembalap Sedikit