Penerapan Ilmu Statistika di Dunia Balap

Kata Dosen Statistika waktu kuliah dulu. Statistik itu bisa diterapkan dimana saja. Nah sekarang kita buktikan penerapannya di dunia balap apa saja. Yuk Langsung kita cek:


1. Basis Pengumpulan Data

Bagian ini berguna untuk pencatatan rekor maupun hasil semua sesi secara lengkap selama bertahun-tahun. Bahkan catatan waktu tiap lapnya masing-masing pembalap dalam satu balapan pun ada. 




2. Grafik Telemetri

Disinilah peranan statistik paling penting dalam dunia balap modern. Sebagai olahraga yang sangat menjunjung tinggi penggunaan teknologi pengukuran kinerja komponen-komponen yang ada pada motor menjadi sangat diperhitungkan. Salah satu hasil pengukuran tersebut disajikan dalam bentuk grafik telemetri. Grafik ini dapat digunakan untuk menganalisis apakah komponen yang digunakan bekerja sebagaimana mestinya atau tidak, serta dapat digunakan untuk mengnalisis penyebab kecelakaan.


Selain itu data pengukuran kinerja komponen ini juga berguna bagi perangkat elektronik seperti anti-wheliee, traction control, dll. Ketika terbaca kondisi yang tidak ideal maka perangkat elektronik akan mengintervensi kinerja mesin motor/mobil.


3. Melihat Kestabilan Peforma

Salah satu cara melihat kestabilan peforma dengan melihat catatan waktu dari putaran demi putaran. Biasanya para pembalap akan mendorong habis-habisan di awal-awal balapan lalu terlihat cenderung melambat di pertengahan hingga akhir balap. 

Catatan waktu Mario Aji pada balapan di moto3 Austin 2023


4. Mengetahui Peluang Menang Duel

Di Formula One statistika bahkan bisa digunakan untuk memberikan prosentase kemudahan overtake ketika terjadi duel yang ditampilkan dalam bentuk overtake probability (kemungkinan bisa menyusul).


Selain itu statistik juga digunakan untuk memperkirakan kira-kira dalam berapa putaran seorang pembalap mampu mengejar pembalap di depannya. Hal ini nampak ditunjukan di Formula One juga.


5. Perkiraan Cuaca

Ternyata tim-tim di motogp juga memperhatikan perkiraan cuaca. Data bisa tersedia melalui BMKG masing-masing negara. maupun secara langsung terkadang terlihat para kru memantau sebuah layar yang menampilkan peta daerah setempat dan kondisi cuaca. Perkiraan cuaca di ajang balap juga penting dalam menentukan strategi yang mungkin akan digunakan seperti di motogp dan formula one.

Gambar dari f1.com



Kira-kira apalagi ya penerapan statistika di dunia balap ?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dimanakah Mencari Hasil Balapan Motogp dan Formula One Terlengkap ?

Jejak Partisipasi Indonesia di Motogp

Postur Tubuh Bikin Mario Aji Kesulitan bersaing di Moto3 ? Memang Berapa Rata-Rata Berat dan Tinggi Pembalap Moto3